Tuesday 21 October 2014

Universal carrier - Kendaraan tempur serba guna tentara kerajaan Belanda dan KNIL

foto tentara belanda/knil
tentara belanda di bekasi tempo duluUniversal Carrier atau juga sering di sebut Bren carrier adalah kendaraan serba guna buatan Inggris yang digunakan pada perang dunia ke-2. Bren Carrier ini juga banyak digunakan oleh negara sekutu selama perang dunia ke-2 termasuk negara belanda
Sejarah pengembangan kendaraan ini di mulai pada tahun 1927 yang mengambil contoh dari kendaraan tempur ringan yaitu Carden Loyd tankettes yang diproduksi oleh Royal Ordnance Factories, selanjutnya pada tahun 1937 perusahaan konsorsium Vickers Amstrong mengembangkan proyek pengembangan dari kendaraan tempur ringan carden Loyd tankettes tersebut yang memodifikasi bentuk, persenjataan, dan kemampuan mesin.
Ketika perang dunia ke-2 pecah kendaraan ini banyak digunakan dalam segala medan pertempuran mulai dari Afrika Utara, Eropa dan Asia. Sebagai kendaraan tempur ringan, ketangguhannya diakui oleh para serdadu yag berperang, lincah melibas segala medan yang berlumpur, medan berpasir, dan  tahan dalam segala cuaca. Univercal carrier ini tidak hanya berfungsi sebagai kendaraan angkut pasukan dan senjata, tetapi juga berfungsi sebagai Flamethrower (pelontar api), anti-tank, Mortar carrier dan sebagai kendaaran angkut untuk pasukan yang terluka. Ketika pecah perang kemerdekaan di Indonesia periode 1945-1949 kendaaran ini juga digunakan oleh tentara Belanda, setelah penyerahan kedaulatan kendaraan ini di serahkan ke pihak TNI.

No comments:

Post a Comment