Foto jadul Becak tempo dulu

foto becak tempo dulu
foto Becak tempo dan penumpang bule jaman penjajahan  Belanda
Becak yang dikayuh pertama kali dproduksi sekitar tahun 1880an di negara jajahan Inggris yaitu Singapura dan secara massal mulai digunakan pada tahun 1929. Becak adalah kendaraan transportasi tradisional beroda tiga yang banyak di temukan di negara Asia dan Indonesia, kapasitas penumpang becak umumnya  adalah dua orang dengan seorang pengemudi di belakang penumpang. Becak adalah alat transportasi yang ramah lingkungan tanpa menggunakan mesin yang mengkomsumsi BBM sebagai tenaga pendorong, mengendarai becak seperti mengendarai sepeda yang di kayuh dengan menggunakan rantai sebagai penggerak roda.
Ada dua Jenis becak, yaitu yang dikayuh dan yang menggunakan mesin, becak yang di kayuh adalah becak tradisional yang pertama kali digunakan di sebagian besar negara Asia termasuk Indonesia, sedangkan becak yang menggunakan mesin adalah becak yang menggunakan tenaga motor yang di pasang di becak dan mulai diproduksi secara masal di tahun 90an.
Velotaxi, becak modern di Hamburg, Jerman
Model model becakpun beragam, seperti yang ada di daerah Sumatra yang pengemudinya berada di samping, sedangkan di pulau Jawa pengemudi becak tepat berada di belakang penumpang, sedangkan posisi pengemudinya yang berada di depan terdapat di negara India, Pakistan dan Bangladesh, akan tetapi karena perkembangan dan populasi becak yang bertambah banyak di Jakarta bahkan pada tahun 1970an populasi becak mencapai 160 ribu dan dianggap sebagai salah satu biang kemacetan di Ibukota Jakarta maka Gubernur Jakarta Ali Sadikin akhirnya secara resmi melarang Becak beroperasi di Ibukota Jakarta, dan akhirnya becak becak itu dikumpulkan dan dibuang ke laut di daerah kepulauan seribu untuk dijadikan Rumpon atau sarang ikan, dan ironisnya di negara maju seperti di Amerika, Jerman dan beberapa negara eropa becak justru dikembangkan dan sudah mengalami modifikasi secara canggih mulai dari tenaga penggeraknya yang menggunakan mesin dan listrik, sampai ke desainnya yang aerodinamis.

Hmmm... sebenarnya Becak adalah salah satu alat transportasi yang murah dan ramah lingkungan, apalagi sekarang ini pemerintah hobby menaikkan harga BBM..hehehehe


No comments:

Post a comment